Apa Beda Like Pages, Boost Posts dan Website Clicks pada Facebook Ads?

Hal yang paling sering didengar saat kita melakukan social media placement (iklan di social media, lihat definisi di Wikipedia) terutama Facebook Ads adalah :

  1. Like Pages Ads
  2. Boost Posts Ads
  3. Website Clicks Ads
  4. Website Conversions Ads
  5. Apps Install Ads
  6. Apps Engagement Ads
  7. Offer Claims Ads
  8. Event Responses Ads
  9. Video Views Ads

Dari 9 tipe iklan pada facebook tersebut 3 (empat) item dengan tulisan bold dari yang disebut diatas merupakan yang paling sering digunakan. Mari kita bahas lebih detail satu persatu.

1. Like Pages Ads

Adalah iklan yang bertujuan untuk menambahkan jumlah LIKE PAGES atau jumlah Fans pada Facebook Page. Secara default setting iklan ini adalah CPM (Click per 1000 Impressions), jadi pembayaran pun ditargetkan pada seringnya penayangan iklan bukan jumlah klik karena tujuan utama ada iklan ini bukanlah Engagement pada iklan, misal klik pada link atau pada gambar (lihat arti click pada facebook ads disini). Jadi, target utama adalah jumlah Audience yang meng-klik tombol LIKE PAGE.

2. Boost Posts Ads

Adalah iklan yang bertujuan untuk memperbanyak viewer pada post yang telah dilakukan pada Facebook Page. Misal, 1 jam sebelumnya telah di-post status update tertentu, “Discount 50% selama weekend ini, untuk produk elektronik!”. Jika pada jam tersebut viewer A tidak membuka akun Facebook nya, maka A tidak akan mendapatkan informasi mengenai discount tersebut. Nah, Boost Posts bertujuan untuk menampilkannya kembali pada Audiences.

Setting default dari iklan ini adalah untuk Audiences “Only people connected to [Page Name]“, yaitu untuk menampilkan iklan hanya pada Audiences yang sudah LIKE PAGE bersangkutan. Sangat disarankan untuk tetap pada setting default karena akan lebih efektif menawarkan sesuatu ataupun membagikan informasi sendiri kepada Audiences sendiri yang mana mereka telah “sukarela” me-LIKE PAGE kita.

3. Website Clicks Ads

Adalah iklan yang bertujuan untuk engagement (klik) pada link ke url tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah traffic ke website / laman tertentu. Biasanya iklan akan di-set ke CPC (Cost per Click) atau PPC (Pay Per Click), karena iklan akan diarahkan untuk ditampilkan ke Audiences yang mempunyai kecenderungan untuk engage (meng-klik) iklan tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menentukan dengan lebih tepat sesuai dengan Goals / Target yang ditentukan oleh perusahaan / brand.

Info lebih lanjut untuk beriklan pada Facebook hubungi ke 082123422800 (PIC : Hanny).